step by step penggunaan aplikasi SIPADES -2 Lanjutan

No Comments
Sipades, merupakan aplikasi yang dirilis oleh kemendagri adalah aplikasi yang dikhususkan untuk mengelola dan memberdayakan aset desa agar bisa tercatat dan terjaga dokumennya. Sebelumnya admin pernah membahas tutorial step by step penggunaan aplikasi SIPADES -1, yang mana admin menjelaskan langkah-langkah memulai penggunaan aplikasi SIPADES dan panduan input Daftar Perangkat Desa. Dalam tulisan kali ini, admin coba akan menjelaskan bagaimana menggunakan menu berikutnya, yaitu  : 1. Menu Daftar Barang, 2. Menu Rubah Password.

1. Menu Daftar barang
Menu Daftar Barang adalah menu yang digunakan untuk kita melihat barang/aset apa sajakah yang sudah diinput dalam aplikasi berdasarkan pedoman Kodefikasi aset desa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang aset desa. Langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Buka Aplikasi yanhg sudah diinstal dan di simpan dalam desktop shortcutnya,
Sipades_aset

b. klik menu file lalu ada menu daftar barang, klik menu tersebut dan akan memunculkan tampilan seperti dibawah ini :
Sipades-aset

c. Kemudian ada pop up atau menu melayang yang menampilkan daftar barang, dalam menu tersebut kita dapat melihat barang/aset apa saja yang sudah diinput.
Sipades_aset

d. bahkan kita dapat juga mencetaknya sebagai dokumen panduan aset di desa kita, seperti ditunjukkan dalam gambar berikut :
SIPADES_aset

2. Menu Rubah Password
Menu Rubah Password adalah menu yang digunakan oleh user/admin aset di desa dimana menu ini digunakan untuk mengkostumisasi (melakukan pengaturan) password agar akses yang kita gunakan sifatnya tidak general (umum) dengan desa yang lainnya, dan juga untuk menjaga bahwa aplikasi kita tidak bisa digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, caranya adalah sebagai berikut :
a. buka aplikasi seperti biasa dan masuk dengan akun kita,
b. klik menu password nanti akan muncul pop up seperti dalam gambar.
Sipades_aset

c. kita diarahkan dan diharuskan memasukan akun yang ada (existing), maksudnya untuk mengkonfirmasi bahwa akun tersebut digunakan oleh kita.
d. masukan akun baru yang tentunya akun yang mudah diingat, klo lupa bisa fatal akibatnya, kita tidak akan bisa mengakses dokumen yang sudah kita entry.
e. masukan user id baru dan password baru.
f. setelah selesai klik menu simpan dan tutup popup.
g. selesai.

Demikian tutorial kali ini, mohon maaf jika kurang lengkap, next time akan admin bahas dengan pembahasan yang lebih banyak, semoga bermanfaat.

back to top