Step by step Penggunaan Sipades- Perencanaan Aset

No Comments
Sipades_aset
Pada postingan sebelumnya admin sudah memaparkan tentang penggunaan aplikasi aset SIPADES yang mengulas tentang Menu Awal Penggunaan Sipades yaitu menu Perangkat Desa dan Menu Daftar Barang. Pada postingan kali ini, admin akan memaparkan pada tahapan inti penggunaan aplikasi SIPADES-ASET sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2016 tentang aset Desa, bahwa pengelolaan aset desa ada beberapa tahapan dan langkah untuk pemanfaatan dan pemberdayaan aset desa, diantaranya : Perencanaan aset, Pengadaan Barang, Register Kode Barang dan Pengelolaan barang dimana didalamnya ada mekanisme penggunaan, pemanfaatan dan penghapusan aset desa. Itulah tahapan yang harus dipahami dan dikuasai oleh Kaur Umum dan TU sebagai pengelola barang, sebelum mengetahui semuanya perlu kita pahami tahapan demi tahapan dari maksud permendagri tentang aset tersebut. Pertama yang harus dipahami adalah Perencanaan Aset Desa.
Perencanaan Aset Desa adalah tahapan kegiatan secara sistematis untuk merumuskan berbagai rincian kebutuhan barang milik desa (pasal 1 poin 7), Perencanaan aset desa dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) untuk kebutuhan 6 Tahun (Pasal 8 ayat 1), Perencanaan kebutuhan aset desa untuk kebutuhan 1 (satu) tahun dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDesa) dan ditetapkan dalam APBDesa setelah memperhatikan ketersediaan aset desa yang ada. (Pasal 8 ayat 2). seperti apakah langkah konkrit untuk perencanaan aset desa dalam aplikasi Sipades, kita lihat tahapan yang harus dilakukan oleh pengelola barang sebagai berikut :
1. buka aplikasi Sipades yg sudah di install dan masuk dengan akun desa yang diberikan oleh DPMD Kabupaten/Kota.
2. klik menu inventarisir barang lalu klik perencanaan, sebagaimana dalam gambar :
sipades_aset

3. setelah di klik menu perencanaan, maka akan muncul menu pop up sebagai berikut :
Sipades_aset

4. isi semua form yang ada disesuaikan dengan dokumen perencanaan desa, baik yang 6 tahun sekali maupun dokumen perencanaan tahunan, setelah dientry akan tampil seperti dalam gambar :
sipades_aset

5. setelah semua selesai di entry klik menu Simpan dan akan muncul menu popup lalu pilih "ya" sebagaimana dalam gambar, lalu klik ok dan data yang sudah di entry akan tersimpan dalam database.
sipades_aset

sipades_aset

6. klik menu cetak untuk melihat data yang telah kita entry dimaksud dan memastikan bahwa data yang di entry sudah tersimpan.
sipades_aset

Demikian menu perencanaan aset desa dalam aplikasi SIPADES, untuk lain waktu akan kita lanjutkan kembali ke submenu Pengadaan barang dalam menu inventarisir barang, bagi yang kurang paham dan mengerti bisa bertanya pada kolom komentar, dan akhirnya semoga bermanfaat.
back to top