Step by step Sipades- sub menu Register Barang

No Comments
Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang pengadan barang pada aplikasi SIPADES (Sistem informasi Pengelolaan Aset Desa), kini admin sesuai janji pada postingan sebelumnya akan membahas kelanjutan dari penggunaan aplikasi ini. 


Pada postingan kali ini, admin akan memaparkan bagaimana cara memastikan bahwa aset tersebut sudah tercatat dalam aplikasi, hal ini dibuktikan dengan sudah adanya nomor register (nomor daftar) barang yang sudah tercatat sebagai aset desa pada tahun berkenan, ok rekan-rekan pejuang dan pegiat desa, kita langsung saja tutorialnya.
seperti biasanya, sebelum kita melakukan input data, hal yang pertama kita lakukan adalah menyalakan atau mengaktifkan PC/Laptop yang sudah terinstall aplikasi ini, dan setelah kompi atau lapie kita nyala, hal yang harus dilakukan adalah :


1. lakukan login dengan user name dan password yang sudah kita miliki.
2. masuk ke menu inventarisir barang lalu klik register barang, seperti yang digambarkan dalam gambar berikut :
sipades_aset



3. Pilih tahun pengadaan aset agar tidak salah dalam penomoran aset yang akan kita catat dalam aplikasi, sebagaimana dalam gambar dan juga pastikan aset yang akan kita kasih nomor tersebut sudah dilakukan pengadaan dan dieksekui, seperti dalam gambar :
sipades_aset

4. Selanjutnya setelah kita menentukan tahun aset yang akan kita register dalam kode barang, kita pilih aset yang akan kita kasih kode/labelisasi agar tidak tertukar dan terklasifikasi seperti dalam gambar.
sipades_aset

5. selanjutnya, setelah dipilih aset yang akan kita beri penomoran kita klik menu generate agar secara otomatis akan diberi penomoran aset sesuai dengan jumlah (kuantitas) aset yang telah dilakukan pengandaan sebagaimana dalam gambar dibawah ini :
sipades_aset

6. setelah di generate lalu kita akan liat nomor urut aset yang akan kita kasih label/ pengkodean sebagaimana dalam gambar berikut :

sipades_aset
setelah muncul nomor register lalu kita klik simpan hasil perubahan, agar data yg diinput tidak hilang.

7.  selanjutnya, kita cetak nomor register tersebut tapi sebelumnya di menu cetak register kita pilih bidang dimna aset tersebut berada lalu kemudian centang juga opsi sudah dilabelisasi, setelah itu lalu klik tutup transaksi, kemudian pilih lagi asetnya lalu klik menu cetak, seperti dlm gambar :
sipades_aset
setelah klik cetak akan memunculkan popup preview label yang akan kita cetak untuk penomoran aset yang akan kita tetapkan, seperti dalam gambar, untuk mencetaknya pada kertas stiker pilih logo atau icon printer, pilih printer lalu ok.

sipades_aset

8. Setelah semua telah dicetak, lalu pilih menu close kemudian tutup dan selesai

Demikian tutorial singkat tentang Register barang, dipostingan selanjutnya akan kita bahas mengenai penggunaan aset, semoga bermanfaat. dan jangan lupa tinggalkan jejak jika sudah membacanya.
back to top